Data Avaibility dan Performance Management
Data AvaibilityDefinisi : Ketersediaan data pada database yang diakses oleh semua user dan dapat diperoleh setiap saat ketika dibutuhkan.
Empat Komponen Data Avaibility :
• Manageabilit : kemampuan untukmembuat dan memelihara lingkungan yang efektif yang memberikan layanan
kepada pengguna
• Recoverability : kemampuan untuk membangun kembali layanan jika mengalami kesalahan atau kegagalan
komponen
• Reliability : kemampuan untuk memberikan pelayanan pada tingkat tertentu untuk jangka waktu lain
• Serviceability : kemampuan untuk menentukan adanya masalah, diagnosamasalah, dan memperbaiki
masalah
Data Avaibility dipengaruhi oleh :
- 1. Bentuk Relasi tabel data
- Hak akses user
- Tersedia bandwidth antara perangkat dan koneksi jaringan media
- Mekanisme untuk ketersediaan tinggi dan keamanan mereka sendiri dan aksesibilitas
- Prioritas dan jenis data yang akan dibuat tersedia
- Pemulihan peran dan tanggung jawab
- Jenis file system dan tingkat akses
- Jenis penyimpanan / pengambilan perangkat atau media termasuk hardware dan software
- Service Level Perjanjian antara entitas yang bertanggung jawab dan dipengaruhi
- Pengolahan overhead dari mekanisme yang terkena dampak
- Disaster Recovery
Definisi : Kemampuan dalam menanggapi kinerja sebuah aplikasi, server, jaringan, dekstop, maupun database itu sendiri.
- Mengoptimalkan sumber daya untuk meningkatkan kemampuan melewatkan data, memperkecil terjadinya crash dalam suatu proses serta menangani beban.
Lima faktor yang mempengaruhi Kinerja Database :
(1) Workload (Beban Kerja). Biasanya seperti transaksi online, banyak proses yang menumpuk yang sedang berjalan, ad hoc query, analisis data warehouse, dan sistem command yang datang beberapa kali.
(2) Throughput. Throughput merupakan kemampuan sebuah computer dalam memproses data.
(3) Resources (Sumber Daya). Ex. Software and Hardware
(4) Optimization (Optimasi). Optimasi database, memformula query dls.
(5) Contention (Kres).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar