Kamis, 02 Juni 2011

APPLICATION PERFORMANCE AND DATABASE SECURITY


APPLICATION PERFORMANCE AND DATABASE SECURITY
  • Application Performance
  1. Pengertian
Optimalisasi penggunaan sumber daya untuk meminimalkan pertentangan, memungkinkan beban kerja kemungkinan terbesar untuk diproses.
  1. Perbandingan Antara Dua Database :
    a. My SQL
    Merupakan sebuah system manajemen database. Database adalah sekumpulan
   data yang terstruktur. Untuk menambah, mengakses dan memproses data yang
tersimpan pada database komputer, kita membutuhkan manajemen database seperti
MySQL.
MySQL merupakan database yang sangat cepat, dapat diandalkan dan mudah                      untuk digunakan. Jika hal itu yang anda cari maka anda harus mencobanya. Selain itu,                    source  programnya pun dapat anda dapatkan secara gratis dan syntax-syntaxnya mudah         untuk dipahami dan tidak rumit  serta pengaksesan database dapat dilakukan dengan                         mudah  dan cepat.
v  Kelebihan My SQL:
1.  Dapat bekerja di beberapa platform yang berbeda, seperti LINUX, Windows,                               MacOS dl.
2. Dapat dikoneksikan pada bahasa C, C++, Java, Perl, PHP dan Python.
3. Memiliki lebih banyak type data seperti : signed/unsigned integer yang                                         memiliki panjang data sebesar 1,2,3,4 dan 8 byte, FLOAT, DOUBLE, CHAR,                                  VARCHAR, TEXT, BLOB, DATE, TIME, DATETIME, TIMESTAMP,                                        YEAR, SET dan tipe ENUM.
4. Mendukung penuh terhadap kalimat SQL GROUP BY dan ORDER BY.                                      Mendukung terhadap fungsi penuh ( COUNT ( ),COUNT (DISTINCT), AVG (                     ), STD ( ), SUM ( ), MAX ( ) AND MIN ( ) ).
5. Mendukung terhadap LEFT OUTHER JOIN dengan ANSI SQL dan sintak                                 ODBC.
6. Mendukung ODBC for Windows 95 (dengan source program). Semua fungsi                                ODBC 2.5 dan sebagainya. Sebagai contoh kita dapat menggunakan Access                                     untuk connect ke MySQL server.
7. Menggunakn GNU automake, autoconf, dan LIBTOOL untuk portabilitas.
8. Kita dapat menggabungkan beberapa table dari database yang berbeda dalam                                 query yang sama.
9. Ditulis dengan menggunakan bahasa C dan C++. Diuji oleh compiler yang                                      sangat jauh berbeda.
10. Privilege (hak) dan password sangat fleksibel dan aman serta mengujinkan                                      ‘Host-Based’ Verifikasi.
v  Kekurangan My SQL :
Untuk koneksi ke bahasa pemrograman visual seperti vb, delphi, dan                                   foxpro, mysql kurang support, karena koneksi ini menyebabkan field yang dibaca                          harus sesuai dengan koneksi dari program visual tersebut, dan ini yang                                        menyebabkan mysql jarang dipakai dalam program visual.
Data yang ditangani belum begitu besar.
b. Oracle
            Database Storage Engine ini bisa menyimpan data sampai ukuran tera byte, dan      database oracle juga meyediakan yang gratisan versi home edition untuk sekedar yang ingin belajar oracle aja sedangkan untuk versi enterprisenya kita harus bayar. Untuk bagian query-nya oracle tetap menggunakan standard bahasa SQL. Oralce bisa digunakan diberbagai platform seperti unix, windows, atau yang lainnya.
Untuk masalah keamanan oracle bisa dibilang baik. Untuk masalah perfomance      oracle kebanyakan bermain di harddisk jadi kalau anda ingin menggunakan oracle anda           harus menyediakan space harddisk yang cukup besar. Untuk backup oracle mempunyai          extensi sendiri namanya file DMP.
v  Kelebihan Oracle :
1. Ketika kita mengakses database dan kemudian ada kejadian seperti listrik mati                              misalnya maka data yang sudah kita simpan tidak rusak/hilang.
2. Database Clusters, dengan menggunakan teknologi Real Application Clusters                                (RAC). Salah satu fungsi dari RAC adalah memberikan perlindungan terhadap                                 kelangsungan data dalam perusahaan sehingga apabila terjadi crash pada salah                                 satu server database, maka tidak akan mempengaruhi kinerja perusahaan. Hal                             ini disebabkan karena teknologi RAC memungkinkan untuk membuat beberapa                                   database server menjadi seolah-olah satu database server, sehingga apabila ada                                 database server yang down, kinerja database server tersebut akan di-take over                                oleh server-server yang lain.
3. Row-Level Locking, fitur ini dapat melakukan lock tidak hanya pada table-                                    level saha, akan tetapi dimungkinkan untuk melakukan lock lebih jauh lagi                              sampai pada row-level. Sehingga user-user dapat melakukan akses data dalam                                      suatu tabel secara bersamaan, lebih cepat dan lebih akurat.
4. Data Partitioning, Oracle memungkinkan kita untuk melakukan partisi ke suatu                               tabel maupun indeks. Hal ini akan dapat meningkatkan kemampuan kita untuk                                   dalam melakukan manajemen data.
5. Oracle OLAP (Integrated Online Analytical Processing), Oracle memiliki                                        fungsi OLAP (yang sebelumnya hanya dapat kita temui pada OLAP database)                                  yang terintegrasi dengan baik ke dalam relational database, sehingga kita tidak                                      memerlukan database lain selain Oracle itu sendiri.
6. Virtual Private Database, fitur ini memberikan dan meningkatkan fleksibilitas                                 jaminan security sampai pada row-level security. Hal ini akan membuat                                              aplikasi kita menjadi semakin aman sewaktu kita melakukan transaksi melalui                                Internet.
7. Intelegent Self-Managing, untuk para DBA, fitur ini akan membuat proses                                     database tuning dan database manajemen menjadi lebih mudah.
8. Flashback Query, fitur ini memungkinkan kita untuk melihat status data kita                                   mundur beberapa waktu (flash back) sampai batas yang kita tentukan, sehingga                                  apabila terjadi kesalahaan data pada waktu yang lalu, maka kita dapat                                                melakukan koreksi tanpa harus melakukan database recovery.
9. Oracle Data Mining & Data Warehousing, fitur ini memberikan kemudahan                                    bagi perusahaan yang ingin men-develop aplikasi Business Intellegent yang                                        bertujuan untuk membantu eksekutif perusahaan dalam menentuksan strategi                                       perusahaan berdasarkan analisis data yang di-generate oleh Oracle Data                                                 Mining.
  • Security Database
Keamanan database adalah suatu cara untuk melindungi database dari ancaman, baik dalam bentuk kesengajaan atau pun bukan. Ancaman adalah segala situasi atau kejadian baik secara sengaja maupun tidak yang bersifat merugikan dan mempengaruhi system serta secara konsekuensi terhadap perusahaan/organisasi yang memiliki system database. Keamanan database tidak hanya berkenaan dengan data yang ada pada database saja, tetapi juga meliputi bagian lain dari system database, yang tentunya dapat mempengaruhi database tersebut. Hal ini berarti keamanan database mencakup perangkat keras, perangkat lunak, orang dan data.
Agar memiliki suatu keamanan yang efektif dibutuhkan kontrol yang tepat. Seseorang yang mempunyai hak untuk mengontrol dan mengatur database biasanya disebut Administrator database. Seorang administratorlah yang memegang peranan penting pada suatu system database, oleh karena itu administrator harus mempunyai kemampuan dan pengetahuan yang cukup agar dapat mengatur suatu system database.

1 komentar:

  1. Terimaksai Informasinya

    Elfa Astrid Triyani

    elfaastrid.blogstudent.mb.ipb.ac.id
    elfa.35@mma.ipb.ac.id

    BalasHapus