Sabtu, 10 September 2011

UML Diagram

Unifed Modeling Language adalah seperangkat aturan dan notasi untuk spesifikasi sistem perangkat lunak, dikelola dan dibuat oleh Object Management Group. notasi ini menyediakan satu set elemen grafis untuk pemodelan sistem.

Beberapa diagram dari UML adalah:

1. Use Case Diagram
alat komunikasi tingkat tinggi untuk mewakili persyaratan sistem. Diagram menunjukkan interaksi antara pengguna dan entitas eksternal lainnya dengan sistem yang sedang dikembangkan.

2. Activity Diagram
Menangkap alur dari sebuah sistem, termasuk tindakan utama dan poin keputusan. Diagram ini berguna untuk mendokumentasikan proses bisnis.

3. Class Diagram
Class diagram menggambarkan struktur statis dari kelas dalam sistem anda dan menggambarkan atribut, operasi dan hubungan antara kelas.

4. Squence Diagram
Squence diagram secara khusus menjabarkan sebuah Use Case. Diagram ini menunjukkan sejumlah objek dan pesan yang melewati suatu objek.

5. Component Diagram
Komponen diagram digunakan untuk menggambarkan bagaimana komponen suatu sistem yang terhubung bersama di tingkat yang lebih tinggi dari abstraksi dari diagram kelas. Sebuah komponen bisa dimodelkan oleh salah satu atau lebih kelas.

6. Deployment Diagram
Adalah model arsitektur runtime dari sistem dalam pengaturan dunia nyata. Mereka menunjukkan entitas bagaimana perangkat lunak diterapkan ke perangkat fisik.

7. State Machine Diagram Digunakan untuk menggambarkan status transisi dari objek tunggal dalam menanggapi peristiwa.

8. Interaction Overview Diagrams
Merupakan pencangkokan dari Activity Diagram dan Squence Diagram. Disini berupa squence diagram yang dipecah menggunakan notasi activity diagram untuk menunjukkan aliran kontrol

9. Communications Diagram
Mendeskripsikan kumpulan objek yang berinteraksi untuk menjalankan suatu tingkah laku dalam sistem.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar